JENIS IKAN ANGEL FISH/ MANFISH

Manfish atau yang dikenal juga dengan istilah ‘Angel fish’ berasal dari perairan Amazon, Amerika Selatan. Manfish (Pterophyllum scalare)tergolong ke dalam famili Cichlidae, mempunyai ciri-ciri morfologis dan kebiasaan sebagai berikut:

  • Memiliki warna dan jenis yang bervariasi
  • Bentuk tubuh pipih, dengan tubuh seperti anak panah
  • Sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor, sehingga tampak sebagai busur yang   berwarna gelap transparan
  • Pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor.
  • Menjaga dan melindungi keturunannya.
  • Bersifat omnivorus
  • Tergolong mudah menerima berbagai jenis makanan dalam berbagai bentuk dan sumber
Berikut adalah beberapa jenis yang paling umum dan unik:

1. Zebra manfish

Gambar Ikan Zebra Manfish

Namanya berasal dari garis-garis atau belang di tubuhnya yang mirip zebra. Bila varietas lain hanya memiliki tiga garis, jenis ini dapat memiliki empat atau lima garis. Kebanyakan zebra manfish lebih kecil dari manfish lainnya, tetapi ini juga membuat mereka lebih gesit. Perawatannya biasa saja, tetapi Anda disarankan untuk tidak memelihara mereka di akuarium yang sama dengan ikan besar yang dapat membahayakan mereka.


2. Veil manfish

Gambar Ikan Veil Manfish

Ini adalah jenis manfish paling populer yang ditemukan di pasaran dan salah satu yang paling indah. Siripnya panjang, tetapi jika Anda mencoba memelihara ikan ini dengan spesies ikan agresif lainnya, siripnya kemungkinan akan digigiti. Kabar baiknya veil manfish dapat dikombinasikan dengan manfish warna alainnya. Perhatikan suhu air karena ikan ini sensitif terhadap perubahan suhu.


3. Albino manfish

Gambar Ikan Albino Manfish

Albino manfish dianggap sebagai mutasi genetik karena tidak memiliki warna hitam di tubuhnya, Ikan yang satu ini memiliki mata merah dan rentang hidup yang pendek, tak peduli sebaik apapun perawatan yang Anda lakukan. Tubuh mereka dapat memiliki garis-garis emas atau kuning dan mereka sangat sensitif terhadap penyakit apa pun.


4. Marble manfish

Gambar Ikan Marble Manfish

Yang satu ini sangat mirip dengan veil manfish, hanya saja siripnya jauh lebih pendek. Mereka memiliki warna dasar perak dengan pola hitam dan kadang-kadang garis oranye di bagian kepala atas. Manfish ini cukup tahan terhadap penyakit dan tidak memerlukan perawatan khusus.


5. Ghost manfish

Gambar Ikan Ghost Manfish

Ghost manfish memiliki bentuk tubuh yang sama, tetapi satu-satunya perbedaan adalah warnanya. Ikan ini tidak memiliki jejak pigmentasi sehingga keseluruhan tubuhnya berwarna perak. 


6. Leopard manfish

Gambar Ikan Leopard Manfish

Jenis ini tidak seumum lainnya, tetapi terlihat luar biasa di akuarium yang terorganisir dengan baik. Alih-alih garis-garis, leopard manfish memiliki bintik-bintik mirip macan tutul. Untuk menjaga pola ini ketika mereka dewasa, Anda perlu memberikan pencahayaan yang pas. Jika tidak, pigmennya akan berubah dan bintik-bintiknya akan hilang.


7. Smokey manfish

Gambar Ikan Smokey Manfish

Ikan ini memiliki kombinasi warna hitam dan perak, tetapi penampilannya adalah abu-abu


8. Black lace manfish

Gambar Ikan Black Lace Manfish

Kebalikan dari ghost manfish, tipe ini hampir sepenuhnya hitam karena pigmentasi berlebihan. Ikan ini sangat umum di akuarium, meskipun banyak orang lebih suka jenis yang lebih berwarna. Namun jika akuarium mendapat pencahayaan yang tepat, Anda terkadang dapat melihat jejak pola alami mereka.


9. Blushing manfish

Gambar Ikan Blushing Manfish

Nama ini berasal dari dua insang merah yang membuat ikan ini terlihat seperti memerah, mirip pipi yang tersipu (blushing). Warna insang dapat bervariasi, dari oranye pucat ke merah terang, tergantung pada induknya. Tubuhnya biasanya berwarna emas, tetapi pada beberapa ikan Anda juga akan melihat warna perak. Secara umum, mereka akan berwarna emas setelah mencapai kematangan.


10. Gold manfish

Gambar Ikan Gold Manfish

Gold manfish sangat populer dan memiliki warna yang sangat spesifik. Ikan ini setengah perak dan setengah emas. Meskipun ikan muda tidak memiliki warna emas yang sangat jernih, pada tahun pertama kehidupan mereka dan dalam kondisi yang tepat mereka akan mengembangkan rona emas. Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang perawatan mereka, tetapi Anda harus memastikan bahwa akuariumnya memiliki pencahayaan yang tepat.


11. Koi manfish

Gambar Ikan Koi Manfish

Sebagian besar orang pernah mendengar tentang ikan koi, tetapi banyak yang tidak pernah menyangka ikan koi dan manfish dapat digabungkan. Ya, mereka bisa dan hasilnya spektakuler. Koi manfish dapat memiliki berbagai warna dari emas hingga oranye terang dengan bintik-bintik hitam.



Itulah jenis-jenis ikan manfish/ angelfish yang berhasil di himpun oleh admin.

LihatTutupKomentar

Sponsor