Mengenal 4 Jenis Ikan Ramirezi

Kali ini saya akan membahas tentang ikan hias yang mempunyai warna yang sangat menarik dan juga cantik. Ikan ramirezi yang merupakan ikan yang masih termasuk dalam keluarga Cichlids.

Ikan ramirezi ini merupakan ikan yang mempunyai nama ilmiah yaitu Ram Cichlid dan nama umum dikenal sebagai Mikrogeophagus Ramirezi. Nama Ramirezi sendiri berasal dari kolektor dan juga seorang importir yang bernama Manuel Ramirez. Ikan ini terkenal di tahun
 1948 oleh R. R Harry dan George S.Myers.

Ikan ini mempunyai habitat aslinya di  sungai Orinoco di Venezuela dan juga ditemukan di Kolombia. Banyak yang bilang ikan ramirezi galak namun sebenarnya ikan ini tidak terlalu galak atau bisa disebut semi agresif. Ikan ini berkembang biak dengan cara bertelur.

Hewan air ini termasuk dalam kategori ikan yang kecil karena ikan ini hanya bisa mampu tumbuh mencapai 5 cm dan rata-rata ikan ramirezi ini hanya mampu tumbuh hingga 3 cm. Ikan ini akan terlihat lebih cantik jika berasal dari alam namun jika di penangkaran ikan ini tidak terlalu bagus namun untuk dipelihara sangatlah cocok karena ikan yang diternakan atau dipenangkaran biasanya menggunakan inbreed atau perkawinan satu keturunan.

Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang lumayan pipih, kepala yang mempunyai ukuran besar dan pada bagian mata mempunyai warna merah saga lalu dibagian pupil dan iris ada warna hitam. Pada bagian atas sirip ikan in ada sirip yang tegak berdiri dan seperti bergerigi di ujungnya, dibawah insang ada insang 2 sirip yang memanjang seperti ikan cupang, dan dibawah perut juga terdapat sirip kecil. Ekor ikan ini seperti kipas yang dibentangkan dan ukuran ekornya sedang.

Jenis Ikan Ramirezi


1. Ikan Ramirezi German
Ikan Ramirezi German

Ikan ramirezi jenis ini juga sangat cantik dengan perpaduan warna yang menarik dan adanya bintik-bintik biru yang menyala membuat ikan ini seperti sebuah permata.

2. Ikan Ramirezi Slayer
Ikan Ramirezi Slayer
Ikan Ramirezi Slayer
Jenis ikan berikutnya adalah ikan ramirezi slayer yang juga sangat cantik apabila meliuk-liuk di aquarium kamu. Dengan perpaduan warna yang cantik dan juga sirip yang panjang membuat ikan ini sangat cantik dan harus dipelihara oleh kamu.

3. Ikan Ramirezi Blue Electric
Ikan Ramirezi Blue Electric

Ikan ramirezi jenis ini mempunyai warna dominan biru pada sekujur tubuhnya dan di bagian sirip atas punggung ikan ini lumayan lebar dan bergerigi, ikan ini mempunyai 2 sirip dibawah insangnya, dan di bawah perut ikan ini juga mempunyai sirip, untuk bagian ekornya ikan ini mempunyai bentuk seperti kipas yang berwarna biru.

4. Ikan Ramirezi Balon

Ikan Ramirezi Balon
Ikan Ramirezi Balon

Ikan ramirezi jenis balon ini sangatlah diminati para penggemar ikan hias karena mempunyai corak warna yang sangat cantik apalagi jika sedang bergerak di aquarium. Ikan ini berasal dari rawa-rawa di hutan Amazon. Ikan ini mempunyai ukuran tubuh berkisar 3 cm sampai 5 cm.


Itulah penjelasan lengkap dari ikan ramirezi yang indah dan cantik untuk menghiasi aquarium anda.
LihatTutupKomentar

Sponsor