IKAN NEON TETRA



Ikan Neon Tetra (Paracheirodon innesi) adalah ikan air tawar kecil asli Amerika Selatan.Karena warnanya yang cerah dan kemudahan perawatan, ia adalah salah satu ikan yang paling populer di kalangan pemelihara ikan. Temperamennya yang damai dan kebutuhan makanannya yang sedikit membuatnya menjadi ikan yang cocok dipelihara untuk pemula. Neon Tetra (Paracheirodon innesi), juga dikenal sebagai ikan neon yang pertama kali ditemukan kembali pada tahun 1934 di hutan Amazon. Ini adalah ikan air tawar masuk kedalam  keluarga Characidae dan dikenal karena warna-warna yang mempesona dan lincah. ikan neon tetra tidak agresif, dan menghabiskan sebagian besar waktunya bergelombol di tengah kolom atau aquarium.

Perilaku Khas Ikan Neon Tetra
Mereka adalah ikan yang damai dan tidak agresif yang dapat cocok digabungkandengan ikan lain. biasannya ikan ini digunakan untuk menghiasi aquascape, karena tidak akan merusak tanaman.

Umur Ikan Neon Tetra
Di alam liar Ikan ini hidup sampai berusia sekitar 8 tahun. Namun di aquarium Ikan Neon Tetra umumnya akan hidup selama sekitar 5 tahun. Menariknya, kecuali untuk pewarnaan biru / merah mereka transparan, di alam liar ini akan membantu bersembunyi dari predator. Ketika mereka merasa benar-benar mengancam mereka bahkan dapat 'mematikan' rona warna merah / biru mereka untuk tetap aman. Pewarnaan mereka juga akan pudar ketika mereka tidur atau sakit. Mereka dapat tumbuh hingga 2,5 inci; namun ukuran rata-rata sekitar 1,5 inci, dengan betina sedikit lebih pendek.

Penampilan Ikan Neon Tetra
Hal pertama yang menarik bagi setiap orang adalah pewarnaan sensasional mereka. Ia memiliki garis biru pirus yang membentang dari matanya ke sirip adiposa (sirip bundar kecil di antara ekor dan sirip punggung). Selain warna biru, mereka juga memiliki garis merah yang membentang dari tengah tubuh ke sirip ekor. Kombinasi warna mereka telah membantu menjadikan mereka salah satu ikan yang paling dikenal di kalangan penghobi.
 
Habitat Asli Ikan Neon Tetra
Neon Tetra adalah ikan dari sungai-sungai hangat di Amerika Selatan termasuk Brasil, Kolombia dan Peru akan tetapi Mereka banyak ditemukan di lembah Sungai Amazon. Sungai-sungai ini umumnya mengalir melalui hutan lebat dengan kanopi lebat yang menghalangi cahaya masuk sungai. Di dalam perairan yang gelap ini umumnya ada banyak daun yang jatuh, tumbuh-tumbuhan, dan akar pohon. Inilah sebabnya mengapa warna mereka sangat jelas, itu membantu mereka mengidentifikasi ikan sesama mereka di perairan gelap keruh ini.
contoh habitat asli ikan neon tetra

Itulah artikel tentang ikan neon tetra yang bisa saya ulas. Semoga bermanfaat......!




LihatTutupKomentar

Sponsor